Responsive Banner design
Home » » 3 CARA MENGHUBUNGKAN ANDROID KE LAYAR TV LED LCD SMART-TV ATAU PROYEKTOR

3 CARA MENGHUBUNGKAN ANDROID KE LAYAR TV LED LCD SMART-TV ATAU PROYEKTOR

Ada beberapa cara mudah menghubungkan Android ke TV atau Proyektor baik menggunakan aplikasi Android maupun secara manual menggunakan kabel. Smartphone Android terutama versi Android terbaru memiliki fitur fitur canggih yang bisa bermanfaat sekaligus menghibur sebut saja Could Printing atau Print Nirkabel yang dulu diperkenalkan oleh Android Kitkat. Lalu ada lagi fitur keren yang bisa digunakan untuk menghubungkan Android ke TV atau Proyektor yang akan dibahas berikut ini.

Menghubungkan Android ke TV atau Proyektor bisa menjadi sarana untuk membuat layar Android bisa tampil di screen TV atau Proyektor sehingga menjadi lebih besar. Ini cukup berguna untuk presentasi atau main game dan nonton film yang tersimpan pada perangkat Android dengan layar lebar layaknya di Bioskop. TV yang direkomendasikan adalah TV TV yang sudah mendukung fitur HDMI seperti TV LCD LED atau SmartTV. Ingin coba ? Simak 3 Tips berikut ini.

1. MENGHUBUNGKAN ANDROID KE TV / PROYEKTOR DENGAN KABEL HDMI


Cara yang pertama adalah cara manual, yakni menghubungkan Android ke TV dengan menggunakan konektor berupa kabel HDMI (kabel Micro USB to HDMI). Dalam hal ini kamu membutuhkan kabel USB to HDMI, Android dan TV kamu juga sudah harus mendukung fitur tersebut. Berikut langkah langkahnya :

  1. Belilah kabel MicroUSB to HDMI yang kompatibel dengan perangkat Android kamu.
  2. Matikan TV
  3. Hubungkan Android ke TV dengan kabel tersebut.
  4. Hidupkan TV & pilih opsi HDMI
  5. Tekan dan beri centang pada opsi HDMI yang tertera pada Screen Android. Atau pergi kemenu setting untuk mengaktifkan HDMI Connection.
  6. Selesai Android sudah terhubung ke layar TV / Proyektor.


2. MENGHUBUNGKAN ANDROID KE TV DENGAN CHROMECAST


Yang kedua adalah menggunakan perangkat tambahan yang disebut dengan Chromecast, jika belum memiliki alat ini, kamu bisa membelinya terlebih dahulu. Perangkat Chromecast bisa dipasang di TV dengan cara mencolokkannya di port HDMI pada TV, selanjutnya kamu juga memerlukan aplikasi Chromecast yang di Install di Android, aplikasi ini bisa diunduh gratis di Playstore.

  • Belilah perangkat Chromecast lalu hubungkan ke TV melalui port HDMI. 
  • Instal aplikasi Chromecast versi terbaru di Android (download di Playstore).
  • Gunakanlah Wi-Fi lokal. Nyalakan penangkap sinyal Wi-Fi di Android, lalu persiapkan langkah selanjutnya.
  • Buka Aplikasi Chromecast di Android.
  • Pada TV beralihkan ke Chanel HDMI.
  • Pada step terakhir ini kamu akan diminta untuk set up kode untuk sinkronisasi android dengan perangkat Chromecast di TV. Jika kode sudah diset up dengan benar maka segala yang muncul di layar android akan muncul di layar TV.


3. MENGHUBUNGKAN ANDROID KE TV DENGAN APLIKASI CHEAPCAST


Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Cheapcast, Cheapcast bisa didapatkan di Playstore atau market market aplikasi selain playstore yang ada di internet. Pada cara ini kamu memerlukan 2 buah perangkat Android, satu digunakan sebagai host Cheapcast dan satunya digunakan untuk "remote" pada Chromecast di TV, berikut langkah langkahnya :

  1. Siapkan perangkat Android untuk dimanfaatkan sebagai “host” CheapCast. Lalu Siapkan juga smartphone Android yang lain untuk digunakan menjadi “remote”, untuk mengoperasikan Chromecast di TV, caranya dengan menggunakan fitur HDMI. Setelah itu kamu perlu menyiapkan HDMI untuk menjadikan “host” ke pesawat TV. Apabila port atau kabel HDMI tidak ada, maka bisa menggunakan adapter MHL.
  2. Setelah itu kamu perlu instal aplikasi CheapCast pada Android yang difungsikan sebagai “host”.
  3. Kamu dapat menghubungkan Android “host” ke TV. Jika “host” tak tersedia socket HDMI, ini bisa diakali adapter MHL.
  4. Selanjutnya pergunakanlah aplikasi Chromecast melalui perangkat pada Android “remote”, agar dapat digunakan di TV. 
  5. Apabila sudah selesai, Android “host” akan memiliki fungsi seperti Chromecast. Apapun yang terlihat di layar Android akan bisa tampil pada TV LED / LCD / SmartTV.


Itulah 3 cara mudah menghubungkan Android ke TV atau Proyektor baik menggunakan alat / perangkat tambahan maupun dengan aplikasi. Pilihlah salah satu cara yang paling mungkin kamu lakukan, bisa dengan membeli kabel USB to HDMI, memakai aplikasi Cheapcast dengan 2 HP android, atau membeli Chromecast untuk menampilkan display Android ke TV sekaligus bisa digunakan untuk nonton siaran Streaming melalui Chromecast.